-
Discover
-
Spotlight
- Jelajahi Orang
BERITAKOTAAMBON.ID - Menteri Pariwisata (Menpar) Widiyanti Putri Wardhana mendorong misi promosi pariwisata Indonesia di kancah internasional selama kunjungan kerja ke Berlin, Jerman, pada 4 hingga 6 Maret 2025.
Misi promosi pariwisata itu dilakukan salah satunya melalui partisipasi Indonesia dalam bursa pariwisata terbesar dunia, Internationale Tourismus-Börse (ITB) Berlin 2025.
Menpar Widiyanti memperkenalkan kekayaan pariwisata Indonesia sekaligus menjajaki peluang kerja sama melalui sejumlah pertemuan bilateral dengan para mitra Indonesia di antaranya kandidat Secretary-General UN Tourism untuk periode 2026-2029 dari Meksiko, Gloria Guevara, perwakilan Federal Ministry for Economic Affairs and Climate Action of Germany, Dieter Janecek dan Dr. Marion Weber, serta Secretary-General UN Tourism 2018-2025 dari Georgia, Zurab Pololikashvili.
Dalam pertemuan bilateral itu, Menpar Widiyanti memaparkan lima program unggulan Kementerian Pariwisata (Kemenpar), yaitu Gerakan Wisata Bersih, Pariwisata 5.0 melalui AI dan Digitalisasi, Pariwisata Naik Kelas melalui gastronomy, marine, dan wellness tourism, Penyelenggaraan Event dengan Intelectual Property (IP) asli Indonesia, dan Desa Wisata.
"Melihat ke depan, saya sangat optimistis bahwa kolaborasi dengan berbagai stakeholder di sektor pariwisata dapat dipererat untuk semakin mendorong kontribusi pariwisata terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia," kata Menteri Pariwisata Widiyanti, dalam keterangan pers yang diterima, Minggu (9/3).
Dalam kunjungan kerja itu, Menpar Widiyanti juga berkesempatan berkunjung ke beberapa restoran yang menyajikan makanan dan minuman khas Indonesia.
Restoran "Makan Enak" yang menyajikan berbagai menu autentik dengan cita rasa khas Indonesia, menjadi salah satu yang dikunjunginya. Selain mencicipi berbagai menu, Widiyanti juga berdiskusi langsung dengan Angela dan Sia pemilik restoran tersebut mengenai perjalanan mereka dalam mempromosikan kuliner Indonesia di Berlin, Jerman.
Kemudian, Menpar Widiyanti berkunjung ke "Nua Rasa Café" yang menyuguhkan berbagai pilihan kopi khas Indonesia, sekaligus berdialog dengan pemilik cafe mengenai upaya yang sudah dilakukan untuk memperkuat popularitas kopi khas Indonesia di Berlin, Jerman.
Kunjungan dia di kedua restoran tersebut sejalan dengan program pemerintah yakni "Indonesia Spice Up The World" yang misi utamanya adalah untuk mengembangkan dan mendukung ekspansi restoran Indonesia di luar negeri yang diharapkan dapat meningkatkan ekspor pangan olahan, bumbu, hingga rempah-rempah nusantara agar semakin populer di luar negeri.
"Saya berharap restoran dan kafe ini semakin populer dan dikenal masyarakat di luar negeri, agar bisa menjadi inspirasi bagi diaspora Indonesia lainnya yang ingin membuka usaha berbasis kuliner nusantara. Harapannya juga agar semakin banyak restoran ataupun toko kopi Indonesia yang menjamur di seluruh dunia sebagai perwakilan kita dalam mempromosikan budaya dan pariwisata Indonesia," kata Menpar Widiyanti.(ANT)