Bandara Babar Segera Dibangun
Bupati Kabupaten Maluku Barat Daya, Benyamin Thomas Noach
Berita Kota Ambon
10 Mar 2022 09:49 WIT

Bandara Babar Segera Dibangun

BERITAKOTAAMBON.ID - Pengusulan pembangunan bandara baru di wilayah Pulau Babar, Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD), mendapat persetujuan Pemerintah Pusat melalui Dinas Perhubungan Provinsi Maluku. 

Bupati MBD, Benyamin Thomas Noach, mengatakan, Bandara Babar merupakan solusi bagi masyarakat yang berada di wilayah Pulau Babar dan sekitarnya. Sehingga Pemkab MBD terus berupaya dan mengawal proses pengusulan pembangunan bandara itu. 

"Melalui kerja keras Pemda, pengusulan pembangunan Bandara Babar telah disetujui. Saya telah mendapat laporan, tahun ini Dinas Perhubungan Provinsi Maluku Pemprov, akan  melakukan review terhadap master plan Bandara Babar," ungkapnya, Selasa (8/3).

Setelah review oleh Dishub Provinsi Maluku, lanjutnya, 2023 mendatang dapat dilakukan penetapan lokasi pembangunan bandara. Usai penetapan lokasi, proses pembangunan langsung dilakukan. 

Baca juga: Gagasan JR Tentang Percepatan Pembangunan Maluku

"Pemda terus berupaya untuk mendorong pembangunan bandara, karena Bandara Babar akan sangat strategis bagi pembangunan di MBD bagian timur," terangnya. 

Wilayah MBD bagian timur, jelas Noach, memiliki banyak potensi pariwisata, hasil hutan dan hasil laut. Dengan berbagai potensi yang begitu besar, maka perlu didukung akses transportasi yang baik, untuk memperpendek rentang kendali maupun peningkatan potensi, demi kesejahtran rakyat dan pengembangan daerah.  

"Banyak sekali hasil laut dan darat yang luar biasa kualitasnya, tapi aksesnya tidak baik. Maka sulit bagi rakyat, untuk bisa meningkatkan kesejahtraan," paparnya. 

Melalui Bandara Babar, harapnya, masyarakat di MBD bagian timur menjadi lebih baik dan mudah dalam melakukan interkasi sosial maupun upaya peningkatan kesejahtraan. "Hal ini juga akan menjadi peluang baru bagi Pemda, untuk mengembangkan potensi lainnya yang belum tersentuh," pungkas Noach. (GEM)

Dapatkan sekarang

Berita Kota Ambon, Ringan dan cepat
18 Disukai