Bupati Malra Dukung Gubernur Pimpin KONI Maluku
Bupati Maluku Tenggara, M Thaher Hanubun
Berita Kota Ambon
02 Mar 2022 07:10 WIT

Bupati Malra Dukung Gubernur Pimpin KONI Maluku

beritakotaambon.id - Bupati Maluku Tenggara (Malra) M Thaher Hanubun, memberikan dukungan penuh kepada Gubernur Maluku, Murad Ismail untuk memimpin Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Maluku, periode 2022-2026.

Dukungan tersebut disampaikan di sela-sela pemilihan Ketua KONI Maluku, yang berlangsung di kantor Gubernur Maluku, Selasa Selasa (1/3).

Menurut Hanubun, dalam kelaziman sebuah organisasi, baik organisasi publik atau organisasi manapun, termasuk organisasi olahraga, proses regenerasi dan pembenahan kelembagaan menjadi hal yang biasa. Karena berkenaan dengan rentang waktu dan masa jabatan yang telah ditetapkan.

Namun yang berperan penting dalam pembinaan Olahraga di Maluku, kata dia, adalah KONI Maluku yang kepengurusan yang dipimpin oleh Ketua Umum Prof. Dr. Toni Pariela telah berakhir sesuai AD/ART KONI.

Baca juga: Jasa Raharja Santuni Korban Kecelakaan Speedboat di Tual

“Sebagai Ketua Umum KONI Maluku, dan secara resmi formulir dukungan terhadap kandidat yang diusung, telah kami terima beberapa waktu lalu. Siapapun orang, tentu memiliki kapasitas dan hak untuk maju sebagai calon ketua umum, dengan memperhatikan syarat syarat yang telah ditentukan. Hal yang terpenting adalah seorang Ketua Umum KONI Maluku adalah sosok yang dinilai mampu membangkitkan semangat dan kejayaan prestasi olahraga Maluku di tingkat lokal, nasional dan Internasional,” sebut Hanubun.

Khusus KONI Malra, lanjutnya, berdasarkan beberapa kriteria penilaian, serta pertimbangan komitmen pembangunan olahraga di Maluku, menilai sosok Irjen Pol (Purn) Murad Ismail yang saat ini menjabat sebagai Gubernur Maluku, merupakan sosok yang tepat. Bahkan diyakini mampu membawa prestasi olahraga Maluku semakin maju.

”Secara terbuka, Saya ingin menyampaikan Dukungan KONI Malra atas pencalonan Beliau (Murad Ismail) pada pelaksanaan MUSPROV KONI,” tegas Hanubun.

Dikatakan, Pemda berdasarkan regulasi yang ada, terutama undang-undang nomor 3 tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional, khususnya dalam Pasal 69 ayat (2), disebutkan bahwa pemerintah dan pemda wajib mengalokasikan anggaran keolahragaan melalui APBN dan APBD yang didasari prinsip kecukupan dan berkelanjutan.

“Dana Keolahragaan yang dialokasikan dari Pemerintah Pusat dan pemerintah daerah dapat diberikan dalam bentuk hibah sesuai dengan peraturan perundang undangan,” tukasnya.

Olehnya itu, kata dia, lewat berbagai kebijakan terutama APBD Kabupaten Malra, berkenaan untuk terus mengupayakan dukungan pengembangan prestasi olahraga.

“Alokasi anggaran yang diberikan memang tidak besar. Namun kami harapkan menjadi stimulus pemicu bagi pembinaan olahraga di Malra dan Provinsi Maluku,” pintanya.

Ia berharap, kedepan melalui kepemimpinan KONI Maluku yang baru, sinergitas dalam pembangunan, prestasi olahraga semakin dapat meningkat.

“Saya yakin dan percaya, dengan ketegasan dan komitmen pak Murad yang selama ini Kita lihat, dapat membawa prestasi Olahraga Maluku yang lebih baik lagi,” pungkasnya. (RHM)

Dapatkan sekarang

Berita Kota Ambon, Ringan dan cepat
11 Disukai