Empat Kader Siap Maju di Konfercab GAMKI Ambon
Ketua DPC GAMKI Kota Ambon, Baretha Meisar Titioka
Adm.RedaksiBKA
23 Jun 2022 11:20 WIT

Empat Kader Siap Maju di Konfercab GAMKI Ambon

BERITAKOTAAMBON.ID - Sesuai hasil rapat pleno, Konferensi Cabang (Konfercab) IV Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GMKI) Kota Ambon dipastikan akan digelar pada 24-25 Juni, akhir pekan ini. Empat nama siap maju memperebutkan posisi ketua GAMKI periode 2022-2025.

“Di rapat pleno DPC dan sesuai penyampaian langsung, empat kader telah nyatakan diri siap maju sebagai calon ketua DPC yaitu Mayos Picanussa, Eliza de Lima, Michael Adam dan Bernaldo Louhenapessy. Sedangkan calon sekretaris, baru Yansen Hehanussa yang mengaku siap. Selain kader, kami juga terbuka bagi eksternal yang mau calonkan diri dan melayani baik sebagai ketua atau sekretaris,” terang Ketua DPC GAMKI Kota Ambon, Baretha Meisar Titioka, kepada awak media, dalam konferensi pers, di Sekretariat GMKI Kota Ambon, Rabu (22/6).

Dijelaskan, sejak dilantik 28 Juni 2019 lalu oleh mantan Walikota Ambon, Richard Louhenapessy, telah tiba bagi DPC GMKI untuk mempertanggungjawabkan kerja dan pelayanan selama tiga tahun, lewat momen Konfercab IV, yang akan berlangsung selama dua hari di Hotel Tirta Kencana, Negeri Amahusu, Kecamatan Nusaniwe.  

Menurutnya, sesuai hasil rapat pleno terakhir DPC pada 21 Juni 2022 kemarin, telah dipastikan Konfercab IV akan dibuka pengurus DPD GAMKI Maluku sebagai penanggungjawab organisasi setingkat diatasnya.

Dimana dalam momen Konfercab IV ini, akan dilangsungkan juga pelantikan Dewan Pengurus Anak Cabang (DPAC) GAMKI se-Kota Ambon, yang telah terpilih dalam Musyawarah DPAC beberapa waktu lalu.

Yakni DPAC Kecamatan Leitimur Selatan dibawah pimpinan Claudya Parera, DPAC Kecamatan Baguala dipimpin Milton Kaya, DPAC Kecamatan Teluk Ambon dipimpin Hendri Risamena, DPAC Kecamatan Nusaniwe dipimpin Ardy Manuputty dan DPAC Kecamatan Sirimau dipimpin oleh Rolly Andre Matitakapa.      

Ia mengaku, lazimnya organisasi dimanapun, publik akan memberikan atensi serius saat proses pemilihan ketua dan sekretaris GAMKI Kota Ambon periode 2022-2025. Dan pihaknya telah dihubungi banyak pihak baik pengurus internal tingkat DPC dan PAC maupun eksternal, untuk mengambil bagian dalam suksesi kepemimpinan GAMKI Kota Ambon.

“Sebagai pimpinan DPC yang akan demisionerkan, kami berikan apresiasi dan penghargaan yang sangat luar biasa. Memang Konfercab IV sudah tinggal beberapa hari, tetapi DPC GAMKI Kota Ambon tidak melakukan pagarisasi atau menutup ruang bagi elemen pemuda lain. Terutama pemuda gereja yang ingin mengambil bagian di dalam proses suksesi kepemimpinan GAMKI Kota,” sebutnya.

Sehingga dengan momen Konfercab ini, sambungnya, GAMKI Kota Ambon sangat terbuka bagi siapapun yang mau mengabdi dan melayani dengan hati untuk membangun organisasi tersebut. Dengan menggunakan media Konfercab IV secara demokratis.

“Silahkan mengikuti seluruh proses mekanisme-mekanisme di dalam sidang Konfercab. Supaya lewat proses yang sah dan legitimated itu yang sesuai dengan prosedur konstitusi kita. Dan sekali lagi saya tegaskan, GAMKI tidak hanya membatasi pada ruang internal kepengurusan yang ada dalam unsur kesinambungan kepemimpinan, tetapi GAMKI terbuka bagi seluruh elemen pemuda gereja yang hendak mengabdi dan melayani di GAMKI,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua panitia Konfercab IV DPC GAMKI Kota Ambon, Mayos Picanussa menambahkan, sebelum masuk Konfercab, akan lebih dulu dilakukan study meeting dengan tema “ Meneguhkan Ideologi Nasionalisme di Tengah Tantangan Globalisasi”, dengan keynote speaker adalah anggota DPR-RI dapil Maluku, Mercy Ch Barends dan Wakil Dekan III FISIP Unpatti, Dr Paulus Koritelu. Yakni dengan dihadiri peserta study meeting selain DPD dan DPC, juga DPAC se-Kota Ambon yang jumlahnya 100 orang.

“Harapannya lewat study meeting ini, kader GAMKI Kota Ambon dikuatkan pemahaman dan makin teguh jiwa nasionalismenya dalam menghadapi tantangan globalisasi. Yang kemudian bisa dielaborasi lewat program kerja kedepan,” imbuh Picanussa yang juga wakil ketua bidang DPC GAMKI Kota Ambon.

Diakuinya, kesiapan Konfercab telah mencapai 95 persen untuk menggelar Konfercab, pelantikan DPAC maupun study meeting, berkat dukungan berbagai pihak.

“Sisa 5 persen adalah finalisasi terkait hal-hal teknis di lapangan. Sehingga harapan dan tentu doa kita bersama, agar semua proses itu bisa berjalan hingga selesai dengan aman dan lancar,” tutupnya. (UPE)

Dapatkan sekarang

Berita Kota Ambon, Ringan dan cepat
13 Disukai