Korupsi ADD Tulehu Tunggu Ekspos
Dian Fris Nalle.
Adm.RedaksiBKA
21 Mar 2022 06:55 WIT

Korupsi ADD Tulehu Tunggu Ekspos

BERITAKOTAAMBON.ID - Usai melakukan pemeriksaan fisik di Negeri Tulehu, Kecamatan Salahuttu, Kabupaten Maluku Tengah, tim penyidik Kejaksaan Negeri Ambon dalam waktu dekat sudah menggelar ekspos penetapan tersangka dalam perkara dugaan korupsi penyalahgunaan ADD dan DD Tulehu tahun 2018-2019.

"Untuk perkara ADD dan DD Negeri Tulehu  tidak lama lagi kita sudah ekspos penetapan tersangka itu," ungkap Kajari Ambon  Dian Fris Nalle, kepada BeritaKota Ambon, akhir pekan kemarin.

Menurut Nalle, terhadap sejumlah alat bukti dalam perkara ini dipastikan segera rampung. Mengingat penyidik beberapa hari lalu menggandeng ahli konstruksi di Unpatti melakukan pemeriksaan fisik proyek. 

"Pemeriksaan fisik di proyek itu karena anggarannya sumber dari ADD dan DD Negeri Tulehu," ungkap Nalle.

Jaksa Lulusan Magister Hukum tersebut mengaku, jika tidak ada kendala, dalam waktu dekat sudah diekspos penetapan perkara ini.
"Semoga kasus ini secepatnya kita gelar penetapan tersangka," tandasnya.

Sebelumnya diberitakan, penyidikan kasus dugaan korupsi penyalahgunaan ADD dan DD Negeri Tulehu, Kecamatan Salahuttu, Kabupaten Maluku Tengah, akan mendapat titik terang.

Hal ini diketahui setelah tim penyidik dan ahli dari konstruksi meninjau langsung proyek fisik yang bersumber dari ADD dan DD Tulehu dalam waktu dekat ini.
“Dalam waktu dekat kita akan ke Tulehu untuk periksa fisik proyek, karena memang kasusnya sudah naik penyidikan sejak Bulan lalu,” ujar salah satu jaksa yang menolak namanya di publik kepada BeritaKota Ambon, Senin (7/3).


Menurutnya, jika tidak ada kendala, dalam pekan ini tim penyidik sudah melakukan pemeriksaan rutin langsung dilapangan.
Hanya saja, mengenai informasi tersebut ia tidak mau memberikan keterangan secara resmi selain Kajari atau Kasi Pidus.

“Jadi baiknya hubungi saja Kasi Pidsus atau Kajari jua, biar mereka sampaikan,”tandasnya.

Sekedar tahu saja, Kejaksaan Negeri Ambon, sudah menaikan status kasus dugaan korupsi ADD dan DD Negeri Tulehu, Kecamatan Salahuttu, Maluku Tengah,dari penyelidikan ke tahap penyidikan.
Naiknya status kasus ini, setelah tim penyidik menerima hasil audit resmi dari Inspektorat Maluku Tengah.
“Untuk kasus ADD Tulehu, kita sudah naikan ke penyidikan,” ungkap Kajari Ambon, Dian Fris Nalle, kepada wartawan, Jumat (14/1).

Menurutnya, dari jumlah kerugian negara yang diketahui berdasarkan hitungan Inspektorat Malteng sebesar Rp.700 juta lebih.
“Kerugian negaranya sebesar Rp.700 juta lebih,” jelasnya.
Jaksa asal NTT ini mengaku, terhadap agenda pemeriksaan saksi-saksi untuk perkara ini sedang di jadwalkan. “Sementara kita jadwalkan pemeriksaan saksi-saksi di tahap penyidikan lagi,untuk itu publik di harapkan bersabar agar kejaksaan bekerja secara profesional, karena tidak lama lagi, kita ekspos penetapan tersangka,” tandasnya.

Sebelumnya, untuk memperkuat bukti permulaan jaksa, tim penyelidik memeriksa 30 orang saksi-saksi terkait, yang diduga mengetahui pengelolaan anggaran tersebut.
“Pengusutan kasus ini berdasarkan laporan masyarakat setempat,” ungkap Kajari Ambon, akhir 2021 lalu.

Menurutnya, dalam melakukan penyelidikan awal, penyelidik sudah memeriksa sejumlah pihak terkait. Anggaran ADD dan DD tersebut dari tahun 2018-2019. “Ada sejumlah pihak kita sudah periksa di tahap penyelidikan awal ini. Anggaran ini dari tahun 2018-2019,” jelas Nalle. (SAD)

Dapatkan sekarang

Berita Kota Ambon, Ringan dan cepat
10 Disukai