Maju Pilgub, JR Dilirik Banyak Parpol
Letjen TNI (Purn) Jeffry Apoly Rahawarin
Berita Kota Ambon
01 Mar 2022 09:00 WIT

Maju Pilgub, JR Dilirik Banyak Parpol

beritakotaambon.id - Mantan Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) III, Letjen TNI (Purn) Jeffry Apoly Rahawarin, dipastikan maju sebagai calon gubernur (Calgub) pada 2024 mendatang.

Kepastian keikutsertaan mantan Pangdam XVI/Pattimura itu pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Maluku periode 2024-2029 mendatang, disampaikan oleh Ketua Relawan JR untuk kawasan Maluku Tenggara Raya (MTR), Abas Hames Hanubun, kemarin.

Ketua Relawan JR untuk kawasan Maluku Tenggara Raya (MTR), Abas Hames Hanubun

“Pak Jefry sampai hari ini pasti maju sebagai calgub 2024 100 persen. Itu sudah pasti,” terang Hanubun, via seluler. 

Kepastian majunya Letjen TNI (Purn) Jeffry Apoly Rahawarin atau biasa disapa JR pada Pilgub 2024, akan membuat konstalasi politik di Maluku semakin menghangat sebagai lawan sepadan bagi petahana. Apalagi beliau telah dilirik oleh sejumlah partai politik (parpol).

Walau telah dilirik sejumlah Parpol, katanya, namun belum ada kepastian dukungan. Kepastian itu baru akan didapat setelah Pileg yang juga digelar pada 2024 mendatang.

“Ini kan partai politik belum ada hasilnya dan untuk memastikan semuanya itu,  kita tunggu pemilu legislatif agar mendapat rekomendasi partai. Tapi secara pasti, beliau (JR) akan maju sebagai salah satu Calgub Maluku,” ucapnya.
  
Untuk itu, saat ini, gerakan politik untuk mendukung JR pada Pilgub mendatang mulai dilakukan oleh relawan keluarga. Karena keluarga besar MTR yang berdomisili di Kota Ambon, sangat menghendaki dan menginginkan JR maju sebagai Calgub Maluku 2024.

Terkait sejumlah Parpol yang berniat menggait JR pada Pilgub mendatang, mantan Ketua DPW Partai Amanat Nasional (PAN) Maluku periode 2015-2020, mengatakan, tidak memiliki kewenangan untuk mengungkap hal tersebut lebih jauh. Dia hanya dapat berbicara dari sisi tim relawan keluarga.  

“Saya  tidak menyebut partai apa, saya hanya bisa komentar beliau dari sisi keluarga. Ya mungkin bisa saja juga, politik ini kan bisa saja. Coba pantau foto hari ini, beliau dengan Ketua Umum (Ketum) dan Sekjen Partai Golkar yang juga purnawiran TNI itu berada disalah satu acara resmi,” sebutnya.

Sebagai purnawirawan TNI dengan pangkat Letjen, terang Hanubun, kemungkinan JR ditawari masuk sebagai salah satu anggota partai politik. Bahkan bisa saja tawaran itu datang dari beberapa partai politik. Bukan hanya satu.

Baca juga: BeritaKota Ambon Bersama MAN 1 Maluku Tengah Gelar "Guruku Idolaku"

Terkait figur calon wakil yang akan mendampinginya nanti, lanjut Hanubun, sebagai putra terbaik Maluku asal  MTR, JR lebih memilih pasangan dari wilayah Pulau Lease, Seram, Ambon atau Buru.

“Dari marga, JR itu bisa mewakili MTR dan beliau ini Protestan. Jadi sudah pasti wakilnya Muslim dari wilayah Pulau Lease, Seram, Ambon dan Buru. Kalau Ambon, Walikotanya tidak mungkin. SBB, bupatinya juga tidak mungkin. Tinggal cari tokoh-tokoh lain. Bisa saja Abdullah Tuasikal sebagai mantan Bupati Malteng dua priode dan anggota DPR RI aktif, “ bebernya.

Sebagai mantan Sekretaris tim pemenangan Murad Ismail di Pilkada Maluku 2018 kemarin, Hanubun menuturkan, masyarakat Maluku saat ini sedang mendambakan hadirnya figur/sosok pemimpin yang mampu mengangkat martabat rakyat/masyarakat Maluku. Dapat menempatkan masyarakat pada tempat teratas.(RHM)

Dapatkan sekarang

Berita Kota Ambon, Ringan dan cepat
17 Disukai