Polda Maluku Diminta Jujur Rekrutmen Caba dan Catam
Ketua Fraksi Golkar DPRD Maluku, Anos Yermias
Adm.RedaksiBKA
23 Jun 2022 11:30 WIT

Polda Maluku Diminta Jujur Rekrutmen Caba dan Catam

BERITAKOTAAMBON.ID - Sikapi opini yang berkembang di tengah masyarakat, Fraksi Golkar DPRD Maluku meminta Kepolisian Daerah (Polda) harus selektif dan jujur dalam proses rekrutmen seleksi calon bintara (Caba) dan Calon Tamtama (Catam) tahun anggaran 2022.

“Polda harus bisa jujur tentukan hasil seleksi rekrutmen Caba maupun Tamtama. Sehingga tidak ada opini masyarakat yang terkesan ada dugaan indikasi calon dalam proses seleksi itu,” tandas Ketua Fraksi Golkar DPRD Maluku, Anos Yermias, lewat ponselnya kepada media ini, Rabu (22/6).

Menurutnya, Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif dikenal sangat kooperatif. Untuk itu dirinya berharap, agar proses rekrutmen benar-benar dilakukan secara selektif.

“Sebagai Ketua Fraksi Golkar, sangat-sangat memberikan apresiasi kepada beliau (Kapolda). Olehnya itu saya meminta agar seleksi terhadap penerimaan calon anggota Polri, jangan sampai ada yang terindikasi tidak jujur dalam penilaian, dan kami sangat apresiasi,”ujarnya.

Yermias mengaku, ada peserta seleksi yang memiliki postur tubuh yang bagus bahkan terlihat memenuhi kualifikasi. Naasnya, mereka tidak lolos dalam seleksi mengikuti proses tahap akhir.

“Ini memasuki proses seleksi tahap akhir, maka kami meminta agar jangan sampai ada permainan dibalik semua itu. Meskipun kami tidak menjastis, tetapi opini di masyarakat. Bahwa penerimaanya, seperti ungkapan dari orang tua yang anaknya tidak lolos maupun masih mengikuti seleksi tahap akhir, kalau ada kekhawatiran bahwa seringkali ada dugaan praktek di luar dugaan,” sebutnya.

Dikatakan, banyak keluhan dari orang tua, bahwa ada indikasi permainan calo. Meskipun secara pembuktiannya, calo itu sangat sulit untuk dibuktikan atau sangat sulit dideteksi. Sehingga Ia berharap, Kapolda Maluku lebih ketat dan keras menghindari image tersebut.

“Kami ingin rekrutmen anggota Polri tahun anggaran 2022, benar-benar bersih dari seluruh praktek calo. Kami harapkan itu, karena kami tahu betul kalau Kapolda itu orang baik yang selalu proaktif menghadiri undangan DPRD Maluku, dalam hal ini Komisi I yang terkait dengan persoalan Kamtibmas yang terjadi di Maluku,” terangnya.

Dan sebagai Ketua Fraksi Golkar sangat apresiasi beliau sebagai Kapolda Maluku, dengan harapan beliau betul-betul serius melihat adanya dugaan pungutan-pungutan dalam proses seleksi Bintara,” pinta Yermias. (RHM)

Dapatkan sekarang

Berita Kota Ambon, Ringan dan cepat
14 Disukai