Rutong Masuk 10 Besar API Award 2022
Wakil Walikota Ambon, Syarif Hadler.
Adm.RedaksiBKA
13 May 2022 08:16 WIT

Rutong Masuk 10 Besar API Award 2022

BERITAKOTAAMBON.ID - Negeri Rutong, Kecamatan Leitimur Selatan (Leitisel), Kota Ambon berhasil masuk 10 besar dalam ajang penghargaan dan apresiasi dari Pemerintah Pusat lewat Anugerah Pesona Indonesia (API) Award yang didigas oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI.

Ajang ini memberikan penghargaan terhadap potensi pariwisata dan ekonomi kreatif yang dimiliki provinsi maupun kabupaten/kota di Indonesia, yang selama ini masih tersembunyi dan belum dieksplor.

Di tahun 2021, meski masih dihadapkan dengan Pandemi Covid-19, namun API Award tetap digelar dengan penerapan protokol kesehatan (Prokes) yang ketat. Dan Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) keluar sebagai juara umum API Award 2021.

Sementara pada API Award tahun ini, Kota Ambon melalui Negeri Rutong berhasil masuk 10 besar nominasi terbaik. Yakni dari 18 kategori API Award 2022, dua kategori berhasil dicapai negeri yang Raja Reza Maspaitella, dengan kategori kampung adat (Hatu Rutui) dan kategori ekowisata (Sagu).

Kepastian masuknya Negeri Rutong ini, setelah adanya pengumuman secara virtual via zoom di channel YouTube @apiaward 2022, Senin (9/5) lalu.

Di kategori ekowisata, Sagu Rutong masuk bersama Batang Gadis-Kab. Mandailing Natal, Depati VII Coffee Kota Sungaipenuh, Desa Mentayan Kab. Bengkalis, Ekowisata Pemerihan-Kab. Pesisir Barat, Geopark Silokek-Kab. Sijunjung, Kebun Jeruk- Siompu Kab. Buton Selatan, Tahura Lae Kombih, Talaga Warna Kab. Sukabumi, TWP Purbasari Pancuran Mas Kab. Purbalingga.

Kemudian kategori Kampung adat Hatu Rutui bersama Desa Boti-Kab. Timor Tengah Selatan-NTT, Desa Rambusaratu Kab. Mamasa Sulbar, Dusun Duo Datai Talang Mamak Kab. Indragiri Hulu-Riau, Huta Godang-Kab. Mandailing Natal, Kampung Adat Pesemah Air Keruh-Kab. Empat Lawang, Kampung Adat Wabula-Kab. Buton, Kampung Tua Sowek-Kab. Supiori, Kasepuhan Girijaya-Kab. Sukabumi, Rumah Betang Nihan Hilir-Kab. Barito Utara.

Kepada wartawan, Kamis (12/5), Wakil Walikota Ambon, Syarif Hadler berharap, masyarakat Ambon khususnya dan Maluku pada umumnya, dapat membantu memberikan dukungan sebanyak-banyaknya lewat cara apapun bagi dua kategori dimaksud. Sehingga Negeri Rutong bisa jadi pemenangnya.

“Sudah jadi kewajiban Pemkot Ambon untuk mendukung penuh. Demikian juga warga kota harus mendukung. Berikan sebanyak mungkin dukungan atau vote pada semua media sosial atau via SMS. Agar Rutong yang adalah bagian dari Kota Ambon, Maluku, dapat menjuarai API Award 2022,” ajak Syarif.

Terpisah, Sekretaris Kota (Sekkot) Ambon, Agus Ririmasse juga mengajak warga Kota Ambon, baik yang ada di daerah maupun di luar daerah atau di mana saja. Agar memanfaatkan waktu 7 bulan ini untuk mengirim SMS sebanyak mungkin, sebagai bentuk dukungan bagi potensi ekowisata dan kampung adat di Negeri Rutong yang masuk API Award 2022.

Kata Ririmasse, tahun lalu Ambon sukses menang di kategori atraksi budaya dengan mengusung kegiatan Sound Of Green (SoG), yang digagas AMO dan bekerjasama dengan berbagai pihak. Hingga menarik perhatian Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno berkunjung ke Kota Ambon.

“Semua berkat dukungan atau vote bapak/ibu warga kota. Maka untuk kali ini juga, Pemkot berharap lagi dukungan basudara samua warga kota Ambon dan Maluku bagi Negeri Rutong, pada dua kategori di API Award 2022. SMS sebanyaknya, agar Ambon lewat Negeri Rutong bisa jadi kebanggaan,” pesannya.

Diketahui, API Award 2022 ada 18 kategori. Selain ekowisata dan kampung adat, juga makanan tradisional, minuman tradisional, cinderamata, destinasi belanja, promosi pariwisata digital, brand pariwisata, wisata olahraga dan petualangan, wisata air, dataran tinggi, situs sejarah, atraksi budaya, festival pariwisata, destinasi kreatif, destinasi unik, destinasi baru dan surga tersembunyi.

Atraksi budaya Hela Rotan Aboru di Kab. Maluku Tengah-Maluku masuk nominasi 10 besar terbaik bersama kategori atraksi budaya di 9 Kabupaten/Kota lain di Indonesia. Serta ada Pantai Syota di Kab. Maluku Barat Daya Maluku juga masuk nominasi 10 besar terbaik kategori Destinasi Baru.

Malam puncak API Award 2022 rencananya akan digelar November tahun ini di Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh. Ini jadi tahun ketiga API digelar di luar Jakarta. Pada 2020, NTT ditunjuk sebagai tuan rumah dan 2021 digelar di Musi Banyuasin-Sumatera Selatan (Sumsel). (IAN)

Dapatkan sekarang

Berita Kota Ambon, Ringan dan cepat
4 Disukai