Dinkes Ambon Minta Masyarakat Vaksinasi Covid Ulang
Kepala Dinkes Kota Ambon, Wendy Pelupessy.
Adm.RedaksiBKA
13 May 2022 08:13 WIT

Dinkes Ambon Minta Masyarakat Vaksinasi Covid Ulang

BERITAKOTAAMBON.ID - Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon lewat Dinas Kesehatan (Dinkes), meminta masyarakat yang sudah mengikuti vaksin tahap pertama, agar kembali melakukan vaksinasi Covid-19 ulang. Sebab, vaksin pertama yang sudah dilakukan dan melewati 6 bulan dianggap drop out.

Kepala Dinkes Kota Ambon, Wendy Pelupessy mengaku, masyarakat yang sudah mengikuti vaksin pertama, tapi telah melewati 6 bulan harus melakukan vaksinasi ulang. Agar kekebalan tubuh meningkat dan terhindar dari penularan Covid-19.

“Aturan terbaru ketika seseorang melakukan vaksin Covid-19 tahap pertama ke dosis kedua lewat dari 6 bulan, itu dianggap drop out," sebutnya, kepada wartawan, Kamis (12/5).

Menurutnya, jika masyarakat sudah melakukan vaksin kedua, tetap dianggap vaksin pertama. Dan itu tidak efektif lagi, karena sudah melewati 6 bulan.

"Makanya harus divaksin pertama, dan 1 bulan sudah bisa mendapatkan vaksin kedua. Baru melanjutkan vaksin berikutnya," tutur mantan Kepala Puskesmas Rijali ini.

Wendy juga mengaku, untuk Kota Ambon vaksinasi Covid-19 ulang sudah terjadi. “Vaksinasi ke tahap pertama (ulang) dalam sehari hampir mencapai 10 orang. Tetapi mereka menyadari itu sebagai kesalahan sendiri, yang terlewat waktu dan bersedia untuk melakukan vaksin dosis pertama. Dan kemarin banyak itu karena kebutuhan berangkat," bebernya.

Untuk itu, lanjut Wendy, diperlukan upaya untuk segera melengkapi vaksinasi primer bagi masyarakat yang belum mendapatkan dosis kedua (sasaran drop out).

Dirinya juga meminta sasaran yang mengalami drop out atau belum mendapatkan vaksin dosis kedua dalam waktu lebih dari enam bulan, untuk melakukan vaksinasi primer ulang.

“Pelaksanaan vaksinasi ulang tersebut dapat menggunakan platform yang berbeda dari vaksin semula. Kemudian bagi sasaran yang mengalami drop out dalam rentang waktu kurang dari enam bulan dapat diberikan vaksin dosis kedua, dengan platform yang berbeda sesuai ketersediaan di masing-masing daerah,” terangnya.

Sekedar tahu, vaksinasi Covid-19 tahap pertama sebanyak 100,48 Persen, tahap kedua 68,75 persen, dan tahap ketiga (booster) 13,17 Persen. (IAN)

Dapatkan sekarang

Berita Kota Ambon, Ringan dan cepat
4 Disukai